PPNS Masuk Dalam Daftar Politeknik Yang Akan Direvitalisasi Pemerintah.

r5

r5

SNC NEWS – Jumat 28 Agustus 2016, dalam kunjungannya ke Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Menristekdikti, Prof Muhammad Nasir menyampaikan beberapa pesan seputar rencana pemerintah untuk mervitalisasi  politeknik. Nantinya, politeknik yang masih umum akan dikhususkan pada bidang tertentu misalnya politeknik khusus perkapalan. Sehingga kalau mahasiswanya lulus, dia akan dapat dua sertifikat yakni ijazah dan sertifikat profesi. Untuk tahap awal , pemerintah akan mengajak politeknik yang telah memiliki kekhususan , salah satunya adalah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.Prof Nasir  mengatakan ”  Apabila beberapa industri dan kampus yang memiliki program studi perkapalan dapat dijadikan menjadi 1 konsorsium, itu akan lebih bagus untuk meningkatkan SDM di bidang perkapalan.

Dalam revitalisasi ini, porsi kurikulum praktikal yang diberikandiperbesar menjadi 70% praktek dan 30% teori .Beliau juga  menyebutkan, program revitalisasi pendidikan vokasi ini menerapkan sistem 3+2+1. “Tiga semester aktif di kampus, dua semester di industri, dan satu semester akhir di kampus atau industri,” kata dia. Dalam 2 semester di industry, mahasiswa  akan dijadikan seperti pegawai perusahaan namun dibawah pengawasan perguruan tinggi.Pada semester akhir, mahasiswa bisa memilih menyelesaikan pendidikan dengan mengerjakan tugas akhir di kampus atau praktik industri. Nantinya dalam program ini lulusan politeknik mendapatkan izasah dan sertifikasi profesi sehingga l dapat di ambil langsung sebagai pegawai olehindustri.”

Nasir menambahkan, agar program ini berjalan baik, Kementerian Ristek dan Dikti akan mendorong politeknik untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan industri.(Achnakas)

 

Related posts

Leave a Comment