Ranking Webometrics terbaru 2021. PPNS masuk jajaran 5 besar

Webometrics kembali mengeluarkan pembaruan pemeringkatan bagi seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia melalui websitenya, tak terkecuali bagi PPNS. Pada periode Januari 2021, penilaian PPNS mengalami peningkatan kembali setelah turun pada pemeringkatan periode Januari 2020 dan Juli 2020. PPNS berada pada posisi ranking ke 108 se-Indonesia dan menjadikannya sebagai Politeknik dengan peringkat 5 terbaik di Indonesia.

Perlu diketahui bersama, Webometrics merupakan system atau perangkat yang memberikan penilaian dengan beberapa indikator atau kriteria demi mengetahui kemajuan suatu perguruan tinggi. Webometrics pertama kali meluncurkan pemeringkatannya pada tahun 2004 dan terus eksis untuk mendapat pengakuan di kalangan perguruan tinggi dunia termasuk Indonesia. Dirangkum dalam kompas.com, dalam penerbitan ranking setiap 6 bulan sekali pada Januari dan Juli, ada 4 indikator yang digunakan oleh Webometrics, diantaranya :

  1. Presence (bobot 5%) : jumlah halaman elektronik dari domain website perguruan tinggi dengan 4 mesin pencari, yaitu Yahoo, Google, Live Search dan Exalead.
  2. Visibility (bobot 50%) : total tautan situs eksternal (backlink) yang terhubung ke domain website perguruan tinggi dan terdeteksi dengan Search Engine.
  3. Transparency or Openness (bobot 10%) : jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar.
  4. Excellence or Scholar (bobot 35%) : jumlah publikasi elektronik baik jurnal, academic report, dan item lain dari suatu website perguruan tinggi dan terindeks pada scholar.google.com

Dengan berbagai indikator atau kriteria yang menjadi faktor pemeringkatan, PPNS berhasil membuktikan dirinya untuk terus meningkatkan kualitas diri sebagai perguruan tinggi terbaik. Masa pandemi yang mengharuskan seluruh aktivitas dilakukan di dalam ruangan tidak menghalangi PPNS untuk terus mencetak prestasi sebagai wujud untuk mereputasikan diri kepada global.

Secara dominan penilaian Webometrics adalah dalam aspek website. Untuk terus menjadi politeknik terbaik, ke depannya diharapkan PPNS dapat terus mendobrak keberadaan konten terkait karya ilmiah atau jurnal di website PPNS. Hal tersebut penting sebagai global market bagi PPNS dengan keberadaan publikasi elektronik di website-nya.

PPNS, Success!

Jurnalis : Sintya Wulandari

Credits : PPNS, SNC PPNS, Webometrics, google, all rights reserved